Manfaat Menulis Bagi Anak Usia Dini

Menulis merupakan aktivitas yang tentu banyak orang lakukan termasuk anak-anak. Aktivitas yang satu ini ternyata sangat bermanfaat bagi anak-anak. Ada beberapa manfaat menulis bagi anak yang mungkin Sahabat Pustaka belum ketahui.

 

Menurut KBBI, menulis adalah aktivitas untuk mengungkapkan gagasan, opini, atau sebuah ide dalam sebuah rangkaian kalimat. Dalam sebuah rangkaian kalimat terdapat juga hasil pemikiran, pandangan, karangan cerita atau penggambaran seseorang tentang sesuatu.

 

Seseorang yang menulis tentu juga memiliki tujuan tersendiri, Apakah tujuan tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dan juga mengetahui apa saja manfaat menulis bagi anak, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Menulis Bagi Anak Sejak Dini

 

Hal pertama yang akan Yupi bahas adalah apa saja manfaat menulis bagi anak dengan usia dini, terutama jika aktivitas ini sering mereka lakukan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari aktivitas menulis yang Sahabat Pustaka perlu ketahui.

1. Meningkatkan Kecerdasan Anak

 

Manfaat menulis bagi anak yang pertama adalah meningkatkan kecerdasan anak, baik itu kecerdasan intelektual maupun kecerdasan kinestetik.

 

Ketika anak menulis maka dia tentu akan melakukan hal lain seperti mempelajari sesuatu yang baru. Lalu setelahnya anak tentunya akan berpikir secara sistematis dan terstruktur agar tulisannya dapat terselesaikan.

 

Selain kecerdasan, beberapa hal lainnya juga ikut meningkat seperti daya ingat, kreativitas, rasa percaya diri dan juga menulis tentunya akan membantu anak mengekspresikan apa yang ada di dalam pikirannya.

2. Media Berkomunikasi

 

Manfaat menulis bagi anak yang kedua adalah sebagai media berkomunikasi dengan orang lain termasuk dengan orang tua.

 

Ketika Sahabat Pustaka membaca tulisan anak-anak, dari tulisan tersebut Sahabat Pustaka dapat mengetahui beberapa hal mulai dari apa yang mereka pikirkan, apa yang terjadi dalam hidup mereka, bahkan sampai beberapa hal yang mungkin sulit untuk mereka katakan.

 

Sebagai contoh apabila ada seorang anak yang memiliki sifat pendiam, melalui tulisannya maka Sahabat Pustaka dapat mengetahui apa saja yang telah terjadi dalam hidup anak tersebut.

 

Sering kali juga melalui melalui sebuah tulisan, ada beberapa hal yang kurang mereka sukai dalam hidup mereka dan belum bisa mereka sampaikan kepada Sahabat Pustaka.

 

Baca Juga : Bangun Komunikasi Cinta Keluarga melalui Momen Kreatif

3. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

 

Manfaat menulis bagi anak selanjutnya dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kegiatan menulis yang akan menambah wawasan anak dengan berbagai kosakata baru yang dia ketahui.

 

Jika pada awalnya anak hanya dapat menggunakan kosakata yang sederhana, dengan aktivitas menulis ini, anak akan mulai mengenal berbagai kosakata.

 

Beberapa kosakata lainnya adalah seperti kosakata yang bersifat resmi, jarang terdengar atau banyak digunakan pada beberapa buku dan media informasi lainnya. Kosakata tersebut akan mereka lihat sebelum mereka menulis.

 

Selain itu, wawasan Bahasa Inggris anak menjadi luas. Jadi, secara tidak langsung akan mengajarkan anak menguasai dua bahasa.

 

#rewrite/https://www.yupiland.com/blog/menulis-bagi-anak-sejak-dini-manfaat-dan-caranya


Komentar

Popular Posts