PENTINGNYA BUDAYA LITERASI DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER


 

Oleh : Ghozy Mohammad Al Ghozali

Tingkat literasi Indonesia di dunia termasuk rendah, yaitu menempati ranking ke 62 dari 70 negara atau berada dalam 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

Oleh karena itu pentingnya meningkatkan budaya literasi dalam peningkatan pendidikan berkarakter sangat berperan penting untuk kemajuan bangsa. Budaya literasi adalah suatu budaya di dalam masyarakat yang meliputi segala usaha manusia yang berkaitan dengan kegiatan membaca dan menulis.

Tujuan budaya literasi adalah menciptakan tradisi berpikir yang diikuti oleh proses membaca dan menulis sehingga menciptakan karya tulis ilmiah yang berdaya guna.

Budaya literasi sangat berperan penting dalam peningkatan pendidikan karakter pada setiap manusia. Karakter merupakan ciri khas yang dimiliki oleh tiap -tiap orang yang menyangkut hal kepribadian, sikap, dan tingkah laku terhadap lingkungan di sekitarnya.

Pembentukan karakter anak melalui masing-masing jalur pendidikan sangat penting untuk diterapkan dalam pendidikan formal, informal, dan non-formal. Salah satu contohnya yaitu mengenai budaya literasi yang diajarkan pada anak sejak usia dini, sehingga melalui pendidikan karakter pada anak akan membentuk pribadi menjadi lebih baik lagi.

Tujuan adanya budaya literasi diharapkan masyarakat dapat lebih memahami suatu informasi hingga membentuk pola pikir kritis, sehingga masyarakat memiliki wawasan yang luas serta pendidikan karakter yang baik.

 Suatu perwujudan untuk membentuk karakter bisa melalui budaya literasi, sehingga literasi bisa menjadi faktor utama dalam meningkatkan kualitas seseorang. Seiring dengan majunya teknologi membuat semakin mudahnya mendapatkan suatu informasi secara kilat, sehingga budaya literasi dapat diterapkan kapanpun dan dimanapun oleh masyarakat.

Akan tetapi kemajuan teknologi tidak selalu berjalan sesuai dengan harapan karena beberapa orang tidak memanfaatkan teknologi dengan baik, hal tersebut yang menjadi faktor utama rendahnya tingkat literasi di Indonesia.

Beberapa upaya telah pemerintah lakukan untuk meningkatkan budaya literasi di Indonesia agar masyarakat dapat menemukan, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi literasi dengan baik.

Baru-baru ini Kemendikbudristek mengembangkan enam jenis literasi untuk membiasakan budaya literasi pada masyarakat yaitu literasi baca tulis, literasi saing, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, literasi numerisasi, serta literasi budaya. Bahkan Kementrian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi telah menjadikan literasi digital sebagai kurikulum 2013 sejak 2019, serta modul literasi digital untuk sekolah dasar pada tahun ini.

 Sudah cukup banyak upaya-upaya pemerintah untuk meningkatkan budaya literasi di Indonesia. Tetapi sebanyak apapun upaya pemerintah jika masyarakatnya tidak ada kemauan untuk belajar, maka tingkat literasi tetap rendah. Oleh karena itu masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama untuk meningkatkan budaya literasi, misalnya masyarakat dapat memanfaatkan akses-akses kemudahan untuk mengembangkan literasi.

https://www.kompasiana.com/ghozymohammadalghozali2195/635e3c114addee64e1767ae3/pentingnya-budaya-literasi-dalam-peningkatan-pendidikan-karakter

Komentar

Popular Posts