Museum Rakyat Hulu Sungai Selatan

 Museum Rakyat Hulu Sungai Selatan merupakan museum khusus yang mengoleksi benda-benda yang berkaitan dengan perjuangan rakyat Hulu Sungai Selatan untuk memperoleh kemerdekaan.

 

merupakan museum khusus yang mengoleksi benda-benda yang berkaitan dengan perjuangan rakyat Hulu Sungai Selatan untuk memperoleh kemerdekaan.

Peresmian museum dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada tanggal 31 Desember 2015.

Sebelumnya, Museum Rakyat Hulu Sungai Selatan merupakan Gedung Juang Alri Divisi IV yang digunakan sebagai salah satu kantor divisi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut sejak 15 Agustus 1996.

Museum Rakyat Hulu Sungai Selatan terdiri dari dua lantai, dimana di lantai pertama menyimpan berbagai jenis senjata perang Hasan Basry, berbagai peralatan memasak, serta benda-benda dari Tiongkok dan Belanda berupa guci dan piring.

Sedangkan pada lantai kedua menyimpan foto para Bupati Hulu Sungai Selatan dari masa ke masa, menyimpan berbagai perlengkapan pertanian, perikanan, alat musik, dan sepeda onthel.

Dikelola oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, sebagian besar koleksi museum ini berupa perlengkapan angkatan laut.

Museum ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

 

 

 

  • Sejarah #

 

Peresmian Museum Rakyat Hulu Sungai Selatan dilakukan pada 31 Desember 2015 oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan melakukan pengalihan fungsi Gedung Juang Alri Divisi IV menjadi sebuah museum.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Bapak H. Achmad Fikry dan Bapak H. Ardiansyah.

Gedung Juang Alri sendiri telah diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Arief Kushariadi pada tanggal 15 Agustus 1996.

  • Visi & Misi #

 

VISI

Terwujudnya peran museum sebagai pelestari nilai sejarah dan budaya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

MISI

1. Mewujudkan peran museum sebagai pelestari benda-benda peninggalan sejarah perjuangan rakyat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan,

2. Mewujudkan peran museum sebagai pelestari benda-benda budaya masyarakat yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan,

3. Mewujudkan peran museum sebagai sumber informasi sejarah dan budaya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan,

4. Mewujudkan museum sebagai sumber belajar dan pendidikan karakter bangsa,

5. Mewujudkan museum sebagai wahana peningkatan apresiasi masyarakat terhadap nilai-nilai luhur yang terkandung dalam semangat juang rakyat dan kearifan lokal masyarakat Hulu Sungai Selatan.

sumber : tribuneNews 

 

Komentar

Popular Posts